oleh

PB MBN Serahkan Rekomendasi Ke PUPR Langkat Meminta Kembalikan Ornamen Melayu

Langkat | IP.net — Pengurus Besar Majlis Belia Negeri Langkat menyampaikan rekomendasi contoh ornamen Melayu untuk pembangunan pintu gerbang masuk perkantoran Pemkab Langkat di simpang Bupati Kota Stabat, kepada Dinas PUPR Pemkab Langkat yang akan dibangun di P-APBD 2021 dan rencanannya akan dilanjutkan di R-APBD 2022.

“Alhamdulillah sesuai kesepakatan bersama Dinas PUPR Pemkab Langkat, tadi PB MBN Langkat sudah menyampaikan rekomendasi resmi contoh Ornamen Melayu yang akan dibangun di P-APBD 2021 akhir tahun ini yang dalam hal ini di wakili Khairul Azmi selaku Kabid Cipta Karya Dinas PUPR Pemkab Langkat”, Ujar Wali Utama PB MBN Langkat, Agusma Hidayat. Senin (1/11/21).

Menurutnya, PB MBN Langkat merekomendasikan Ornamen Pokok Kolan yang bermakna sifat merendahnya orang melayu yang tercermin pada sikap sehari-hari sopan dan hormat.

“Sikap-sikap tersebut dilihat pada gerak-gerik dan tutur bahasanya, utamanya bila berjumpa dengan kaum kerabat, orang yang lebih tua, bahkan kepada orang pendatang pun disambut dengan kerendahan hati terlihat pada bentuk pola rangkaian hati”, imbuhnya.

“Ornamen Pokok Kolan telah ditempatkan pada dinding bangunan Rumah Adat Melayu di Kota Stabat tepatnya dibagian samping kanan dan kiri pintu. Ornamen Pokok Kolan seperti tanda hati saling menimpa yang berbentuk daun lebar keladi melingkar lingkar seperti rantai”, lanjutnya lagi.

Ia menjelaskan, ini merupakan ikhtiar kita bersama untuk memajukan pembangunan di Kabupaten Langkat berbasis kearifan lokal kebudayaan daerah yang berciri khas Melayu dalam menjunjung Kembali Ornamen Melayu di buminya sendiri.

“Dan ini juga sebagai upaya menopang pembangunan daerah yang turut serta berpartisipasi aktif membantu Pemkab Langkat mencapai visi dan misi seperti yang kita harapkan bersama”. pungkasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *