oleh

2 Juta Ekor Benur Udang Dilepas Dalam Peresmian Tambak Klaster Udang Vaname

Aceh Tamiang | IP.net — Bupati Aceh Tamiang, Mursil, SH, M.Kn, bersama Dirjen Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), TB. Haeru Rahayu, meresmikan tambak percontohan Program Klaster Pengembangan Udang Vaname, Rabu (22/12) di Kampung Dagang Setia, Manyak Payed.

Peresmian ditandai dengan pelepasan 2 juta ekor benur udang dan penanaman bakau secara simbolis di lokasi percontohan Klaster Pengembangan Udang Vaname pagi menjelang siang tadi.

Bupati Mursil, usai meresmikan tambak bersama Dirjen Haeru mengungkapkan rasa haru yang luar biasa. Ia mengatakan, tidak ada ada kata lain selain bersyukur dan berterima kasih.

“Tiada kata lain, selain bersyukur (kepada Allah) dan berterima kasih kepada Pak Dirjen dan KKP yang telah mengalokasikan anggaran klaster pengembangan udang vaname di Aceh Tamiang. KKP luar biasa!” ujar bupati dengan semangat.

Sementara itu, Dirjen Haeru menjelaskan, hadirnya klaster tambak udang vaname berkat kerjasama antara KKP dengan Pemkab Aceh Tamiang. Haeru mengatakan, perhitungan di atas kertas, hasil panen udang vaname mampu mendongkrak pendapatan pembudidaya udang setempat. Ia meyakini kenaikan pendapatan tersebut menjadi pemantik multiplyer effect bangkitnya ekonomi masyarakat sekitar.

“Hasil kajian teknis tadi disampaikan, per sekali panen, para pembudidaya mendapatkan lebih Rp. 10 juta, tiga kali UMP Aceh. Kami yakin sekali ini bisa berhasil, sehingga nanti kita akan kembangkan lebih luas dengan melibatkan ribuan petani tambak lainnya,” sebutnya.

Lebih lanjut Haeru mengatakan, meski dengan anggaran yang terbatas, Kementerian Kelautan dan Perikanan tetap berusaha optimal membantu mengembangkan potensi perikanan lokal di Aceh dan di seluruh wilayah Indonesia.
“Kami hanya membantu satu klaster di sini. Tentunya kami berharap, akan hadir klaster kedua, ketiga dan berikutnya yang tumbuh dari para petani tambak sendiri,” tambahnya lagi.

Dijelaskan Haeru, seluruh potensi perikanan yang ada, perlu dimanfaatkan dengan baik. Tujuannya adalah untuk menyejahterakan masyarakat pesisir, sehingga ekonominya lebih bangkit dan taraf hidupnya lebih meningkat.

Usai meresmikan tambak Klaster Pengembangan Udang Vaname, Bupati Mursil bersama Dirjen Haeru bertolak kembali ke pendopo guna jamuan makan siang sembari memeriahkan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Selanjutnya, Dirjen Perikanan Budidaya dan rombongan bergerak menuju Aceh Timur guna meninjau kegiatan yang sama.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *