oleh

Saluran irigasi dan Check-Dam Kurang  terawat ,perlu perhatian dan perbaikan

Barito Selatan|IP.net-Check Dam merupakan bendungan kecil yang dibangun melintasi saluran air atau sungai dan bertujuan untuk menurunkan kecepatan aliran air.

Bila kecepatan limpasan air dapat dikurangi, maka erosi di suatu lokasi dapat dikendalikan sehingga tak ada lagi bagian tanah yang terkikis.

Lain halnya diwilayah Kecamatan G.B.Awai Kabupaten Barito Selatan ( Barsel) Kalimantan Tengah ( Kalteng) saluran  Irigasi dan Check Dam yang kurang terawat.

Lahan persawahan, merupakan tempat para petani memenuhi hajat hidup keluarga,menanam padi menjadi budaya untuk menggantungkan ekonomi keluarga tentu seharusnya di dukung dengan sarana prasarana infrastruktur yang memadai untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

“Lahan pertanian di lokasi, persawahan Jawi, batas Tabak Kanilan, Desa Muka Haji Jalan T.H.AHIM yang di manfaatkan untuk menanam padi perlu ditunjang kembali oleh dinas terkait agar hasil panen dapat maksimal  tanaman tidak mengalami kekeringan dan menimbulkan gagal panen.

Dari pantawan awak media Inspirasipublik.net.nampak terlihat sarana dan prasarana infrastruktur saluran irigasi Check Dam yang tidak terawat, yang mengalami pendangkalan pada saluran sekunder dan tersiyer kamis,(11/12/2022).

Menurut salah satu warga hal tersebut saluran sekunder dan tersiyer mengalami ke dangkalan di dalam saluran irigasi Check Dam sehingga dapat mengurangi saluran suplai Air ke lahan persawahan ungkapnya.

Suply Air yang di manfaatkan yakni sungai Ayuh , yang terpanjang di  Kecamatan Gunung Bintang Awai ( GBA) Kabupaten Barito Selatan ( Barsel) untuk mengairi  persawahan wilayah ini dan sangat perlu perawatan kembali dari leding sektor yang berkewenangan tutupnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *