oleh

Perayaan Imlek Tahun ini, Cue Lak Paling Meriah di Selatpanjang 

Meranti | IP.net — Bagi warga Tionghoa, hari keenam dari Tahun Baru Imlek merupakan hari yang ditunggu-tunggu, selain warga Tionghoa hari keenam Imlek atau disebut Cue lak juga dinanti nanti oleh warga Selatpanjang lainya.

Pada hari keenam tersebut dilaksanakan kirab budaya berupa pawai arak-arakan tiga Dewa di seluruh klenteng yang ada di Selatpanjang, kegiatan ini dilaksanakan pagi hari Jum,at (27/01/23), dan mulai startnya dari Kelenteng Sejahtera Sakti.

Setidaknya ada sebanyak tiga dewa yang diarak menggunakan tandu oleh panitia. Ketiga dewa tersebut ditandu sesuai dengan urutannya.

Selain arak-arakan tiga Dewa, Cue lak juga dimeriahkan dengan pertunjukan Barongsai dan reog Ponorogo, saking ramai dan antusiasnya dalam menyaksikan acara, hingga lautan manusia memenuhi jalan protokol kota Selatpanjang, guna menyaksikan pawai ritual tersebut.

Untuk menjaga keamanan dan ketertiban pada acara kirab Budaya tersebut, selain dijaga pihak kepolisian, TNI, juga ada beberapa Organisasi kemasyarakatan yang ikut berpartisipasi, salah satunya organisasi IKOPEB (ikatan koordinasi pemuda Bangkinang)

Mihrab bidang humas Ikopeb kepada sejumlah awak media mengatakan, ia menurunkan 10 orang anggota Ikopeb dalam rangka berpartisipasi ikut menjaga ketertiban dan keamanan, pungkasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *