oleh

Dapur Penyulingan Minyak Mentah Terbakar, Warga Panik

Langkat | IP.net — Dapur penyulingan minyak mentah ilegal (Kondensat) kembali terbakar dan meledak pada Selasa (18/4/2023), sehingga menimbulkan kepanikan warga setempat yang berada di lokasi tersebut, tepatnya di Dusun Wampu Pasiran, Desa Pantai Cermin, Kecamatan Tanjung Pura, Kabupaten Langkat, Sumatra Utara.

Informasi dirangkum wartawan dari beberapa warga saat terjadi kebakaran menyebutkan, kebakaran dapur minyak dilokasi itu disebut-sebut milik dengan nama panggilan Rita, diduga sumber api berasal dari dapur pemasakan minyak. Sementara disaat kejadian itu berbarengan dengan aktivitas bongkar muat minyak mentah yang baru datang dari Peureulak, Kabupaten Aceh Timur, Provinsi Aceh.

Warga sontak mendengar suara dentuman keras akibat ledakan yang berasal dari drum penampungan minyak. Api yang sudah berkobar dengan cepat menyambar puluhan drum penampungan minyak mentah yang baru dibongkar.

“Terdengar ledakkan pertama dari dapur minyak, kemudian menyusul ledakan berikutnya. Banyak suara ledakan, jangankan Anak-anak kami orang tua saja jadi takut melihat kobaran api yang menjulang tinggi dengan kepulan asap hitam”, kata salah seorang warga setempat yang tidak ingin disebutkan namanya.

Dijelaskannya, sebelumnya warga sudah pernah melarang agar tidak melakukan aktifitas memasak minyak di lokasi yang padat dengan pemukiman penduduk, namun warga itu membandel dan diduga telah kebal terhadap hukum.

“Taulah dia banyak duit, jadi apa saja bisa dibuatnya. Apa lah upaya kami dan ini sudah terjadi kebakaran kami ingin jangan ada lagi aktivitas memasak minyak di sini”, sebutnya.

Sementara itu, Camat Tanjung Pura, M Nawawi, saat mendapat informasi kebakaran dapur minyak langsung menghubungi Damkar (mobil pemadam kebakaran) yang berada di Kantor Camat Tanjung Pura.

“Sudah kita suruh Damkar yang ada standby di Kantor Camat langsung menuju lokasi kebakaran. Kita juga sudah meminta bantuan Damkar lagi dari Kabupaten, tujuannya agar api tidak merambat ke pemukiman penduduk”, kata Nawawi.

Diketahui, api berhasil dipadamkan sekitar pukul 19:00 Wib, setelah dua jam dari kebakaran terjadi.

Tampak Kapolsek Tanjung Pura, AKP Surahman langsung turun ke lokasi bersama personilnya untuk mengamankan lokasi dan memberi himbauan agar warga tidak mendekati lokasi kebakaran.

Tidak ada korban jiwa dari peristiwa kebakaran dapur pengolahan minyak mentah tersebut. Kini kasus kebakaran tersebut masih ditangani pihak kepolisian Polsek Tanjung Pura.Tandas Surahman.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *