oleh

DLH Aceh Tamiang Bersama Relawan Memilah Sampah Dihari World Clean Up

Aceh Tamiang | IP.net — Dalam rangka memperingati World Clean Up, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Aceh Tamiang melakukan aksi pembersihan dan memilah sampah di Kota Kualasimpang dan sekitarnya.

Pantauan IP.net pada pelaksanaan Aksi tersebut melibatkan sejumlah relawan yang tergabung dari bermacam komunitas yang bertujuan membersihkan lingkungan seputaran Kota Kualasimpang pada 3 titik lokasi, yaitu seputaran Jalan A. Yani, pajak pagi kota dan pajak ikan bawah bekas terminal lama, sementara itu pada Kecamatan Karang Baru, aksi dilakukan di satu titik lokasi pada Komplek Perkantoran sampai halaman Gedung Olah Raga (GOR).

Kegiatan itu masing – masing relawan membawa kantong kresek yang disediakan oleh Dinas Lingkungan Hidup, untuk melakukan penyisiran dan pemungutan sampah sepanjang jalan dan kawasan yang telah ditentukan, hasil dari pungut sampah kemudian dipilah dan disetorkan ke bank sampah.

Mewakili Bupati, Asisten Administrasi Umum, Adi Darma kepada IP.net, Selasa (21/09/21), menjelaskan, aksi bersih-bersih sebagai memperingati World Clean Up yang dilaksanakan pada hari ini merupakan bagian dari Budaya Indonesia yaitu gotong royong,

“Ini menjadi peringatan bagi kita, bahwa bergotong royong bukan hanya dilakukan hari ini saja, melainkan menjadi kegiatan rutin sehari-harinya dan harapan kita semoga dalam pelaksanaan kegiatan hari ini, para relawan tetap menjaga protokol kesehatan,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Kadis Lingkungan Hidup, Surya Luthfi menyebutkan, Clean Up ini diperingati oleh seluruh dunia yang diikuti oleh 187 Negara, salah satunya Indonesia turut memperingatinya dan dilaksanakan oleh 34 Provinsi,

“Komunitas yang ada di Kabupaten Aceh Tamiang sendiri terdapat 48 komunitas yang ikut berpartisipasi pada aksi hari ini, tentunya ini atas kesadaran diri dan mereka bersedia menjadi relawan aksi clean up”, sebutnya.

Menurut Surya, kegiatan pada hari ini merupakan implementasi dari surat Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, perihal dukungan pelaksanaan kegiatan World Cleanup Day (WCD) Indonesia 2021. Tandasnya.

Para relawan dan komunitas yang turut berpartisipasi dalam Cleanup dan pilah sampah sebanyak 130 orang yang berasal dari berbagai komunitas diantaranya, Pramuka SMAN 4 Kejuruan Muda, Masyarakat Relawan Aceh Tamiang, Aceh Mengajar, Aksi Cepat Tanggap, Asosiasi Masyarakat Pemulung Sampah (Ampas), Sekolah Inspirasi, Forum Anak Tamiang, Duta Lingkungan Hidup dan Relawan pemilah Sampah.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *